Rabu, 27 Juli 2022

RPP IPA SMP Islam Terpadu

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD).

Sekolah Islam Terpadu pada hakekatnya adalah sekolah yang mengimplementasikan konsep pendidikan Islam berlandaskan AlQur’an dan As Sunnah. Dalam SIT (Sekolah Islam Terpadu) para ustad/ustadzahnya menerapkan Kurikulum khusus untuk SIT. Di bawah ini adalah contoh RPP Mata Pelajaran PKn untuk SIT yang saya buat ketika saya pertama kali masuk dalam lingkungan Sekolah Islam Terpadu. RPP ini adalah gabungan antara Kurikulum 2013 dan Islam Terpadu. Terpadu ini terdiri dari Telaah, Eksplorasi, Rumuskan, Presentasikan, Aplikasikan, Duniawi, dan Ukhrowi.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

Nama Sekolah        : SMPIT Qurrota A’yun Abepura

Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester      : VII/Gasal

Materi Pokok         : Suhu dan Perubahannya

Alokasi Waktu       : 2 X 40 menit JP

A.   Kompetensi Inti

KI-1       : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI-2       : Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam jangkauan pergaulan keberadaannya.

KI-3       : Memahami, pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena tampak mata.

KI-4       :  Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)  dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.   Kompetensi Dasar

3.4   Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan

4.4   Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4.1 Menjelaskan defenisi suhu

3.42. Menjelaskan berbagai jenis termometer dan fungsinya

3.4.3 Menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.

D.    Tujuan Pembelajaran

3.4.1.1. Melalui kegiatan literasi, peserta didik dapat menjelaskan defenisi suhu dengan tepat

3.4.1.2  Melalui kegiatan literasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai jenis termometer dan fungsinya dengan tepat.

3.4.1.3  Dengan menyimak video, peserta didik dapat menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala dengan benar.

 

 Download RPP IPA Suhu dan Perubahannya pada link dibawah ini :

RPP IPA SUHU 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL ULANGAN HARIAN

Kerjakan soal online berikut ini Memuat…     Tabel rekapitulasi soal online