Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD).
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMPIT Qurrota A’yun Abepura
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VII/Gasal
Materi
Pokok : Suhu
dan Perubahannya
Alokasi
Waktu : 2 X 40 menit JP
A.
Kompetensi Inti
KI-1 : Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Mengembangkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan social dan alam
jangkauan pergaulan keberadaannya.
KI-3 : Memahami, pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena tampak mata.
KI-4 : Mencoba mengolah dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri dan sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.4 Memahami
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan
4.4 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta
perpindahan kalor
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.1 Menjelaskan
defenisi suhu
3.42.
Menjelaskan berbagai jenis termometer dan fungsinya
3.4.3
Menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer
berskala.
D. Tujuan Pembelajaran
3.4.1.1. Melalui kegiatan
literasi, peserta didik dapat menjelaskan defenisi suhu dengan tepat
3.4.1.2 Melalui kegiatan literasi, peserta didik
dapat menjelaskan berbagai jenis termometer dan fungsinya dengan tepat.
3.4.1.3 Dengan menyimak video, peserta didik dapat
menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer
berskala dengan benar.
Download RPP IPA Suhu dan Perubahannya pada link dibawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar